Polri Menempati Lima Besar Polisi Terbaik di Dunia, Holistik Apresiasi Kerja Keras Kapolri

 


 

Lembaga jajak pendapat dunia, Gallup, Inc. Ini terlihat dalam laporan Gallup Global Law and Order Index 2022 baru-baru ini merilis hasil survei tentang Persepsi Publik Terhadap Kinerja Instansi Polisi di dunia serta Penegak Hukum dalam Pemberantasan Korupsi, Minggu (30/10/2022). Hasilnya, tingkat kepuasan dan kepercayaan Polri naik mencapai angka 92 Poin. Itu artinya kinerja institusi Polri sangat memuaskan publik.

Menurut Ceo Holistik Institute M. Nur Latuconsina, Hasil survei tersebut menyebutkan setidaknya ada dua alasan mengapa tingkat kepercayaan dan kepuasan publik tinggi terhadap Polri. Pertama, Polri dinilai berhasil dalam memberantas kejahatan narkoba. Angkanya sebanyak 66%. Posisi lima besar ini merujuk pada persepsi masyarakat terhadap kinerja aparat kepolisian masing-masing negara. Singapura nangkring di peringkat pertama dengan raihan 96 basis poin. Disusul Tajikistan dengan 95 basis poin, Norwegia 93 basis poin, dan Swiss 92 basis poin. Kemudian Indonesia di peringkat lima dengan raihan sama dengan Swiss, yakni 92 basis poin.

Latuconsina menambah, Publik merasa puas terhadap kinerja institusi kepolisian dalam hal mengungkap dan memberantas tindak pidana kejahatan narkoba sehingga publik memberikan apresiasi terhadap Polri. Kedua, institusi Polri juga dinilai berhasil dalam hal penangkapan pelaku teror atau terorisme. Lalu, dalam 12 bulan terakhir masyarakat tak mengalami perampasan atau pencurian harta. Terakhir, dalam satu tahun terakhir tidak pernah mengalami serangan atau perampokan di jalanan.

Pertanyaan-pertanyaan ini ditanyakan saat wawancara terhadap hampir 127.000 orang dewasa. Mereka tersebar di lebih dari 120 negara pada 2021.

Hal itu terlihat dari banyaknya pelaku teror dan jaringannya yang berhasil diungkap dan dibongkar Densus 88 Antiteror Polri. Dua keberhasilan Polri itu sangat menonjol sehingga approval rating Polri naik dan meningkat 72%. Indikator itu memaparkan berbagai penilaian spesifik penegakkan hukum dan ketertiban masyarakat di masing-masing negara. Poin utama pertanyaan surveI Gallup, pertama, rasa aman masyarakat ketika bepergian di malam hari.

Di lansir dari Laporan yang dipublikasikan Gallup pada 27 Oktober 2022 tersebut menempatkan Polri di lima besar dunia setelah Singapura, Tajikistan, Norwegia, dan Swiss. Maka kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo patut kita apresiasi.

“Bagi kami usaha dan kerja keras kapolri dalam mengembalikan citra Polri dimata masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia patut di apresiasi,” tutupnya.