Sat Binmas Polres Metro Bekasi Buka Gerai Vaksin Setelah Sholat Tarawih



Polres Metro Bekasi - Sat Binmas Polres Metro Bekasi turut membantu percepatan capaian vaksinasi Booster bekerjasama dengan DKM masjid dan Komascipol, membuka gerai vaksin Booster malam hari di halaman masjid Al – Kautsar Gramapuri Taman Sari Cikarang Barat.


Pelayanan vaksinasi Booster malam hari dilaksanakan setelah salat tarawih dengan sasaran jemaah masjid Al – Kautsar dan masyarakat umum.


Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Gidion Arif Setyawan melalui Sat Binmas Polres Metro Bekasi AKP Lestari Ningsih menjelaskan, pelayanan vaksinasi booster Polres Metro Bekasi dilaksanakan setiap hari dengan keliling ke wilayah – wilayah pada malam hari selama Ramadhan 1443 H. Tujuannya untuk percepatan pencapaian target vaksinasi Booster di wilayah Kabupaten Bekasi.


“Selain keliling ke wilayah, Gerai Vaksin Booster Polres Metro Bekasi juga buka malam hari di halaman masjid, Pemdes dan Kecamatan – Kecamatan selama Ramadhan 1443 H,” kata AKP Lestari, Sabtu (16/04/2022).


Untuk jenis vaksin yang saat ini digunakan berupa vaksin jenis AstraZeneca. Pihaknya akan terus menggelar vaksinasi massal guna mengoptimalkan capaian vaksinasi Covid 19 booster di bulan Ramadhan 1443 H.


“Vaksin booster malam hari dilakukan sebab masih ada masyarakat yang enggan mengikuti vaksinasi pada pagi dan siang hari dengan alasan puasa,” ujarnya.


Dalam hal ini, Joko sebagai ketua DKM masjid Al – Kautsar menjelaskan, jika melaksanakan vaksin saat puasa dibolehkan dan tidak membatalkan puasa demi kemaslahatan masyarakat sesuai Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat berpuasa.


“Mengikuti vaksin saat berpuasa menurut Fatwa MUI No 13 Tahun 2021 diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa,” kata Joko.


Tim nakes dan petugas Infutor yang diterjunkan untuk kegiatan vaksin booster di masjid Al – Kautsar dari Polres Metro Bekasi dan Komascipol (Komunitas Masyarakat Cinta Polri).


“Kami dari DKM masjid Al – Kautsar mengucapkan Alhamdulillah dan terimakasih kepada semua pihak terutama Sat Binmas Polres Metro Bekasi dan Komascipol, sehingga giat vaksin ini berjalan lancar atas izin Allah Ta’ala.” pungkas Joko selaku Ketua DKM masjid Al – Kautsar Gramapuri.