Polsek Cikarang Barat Giat Vaksin Booster Serentak di Delapan Desa



Polres Metro Bekasi– Demi bisa mudik lebaran ratusan warga di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, rela mengantre dan berdesakan untuk bisa mendapatkan dosis vaksin pelengkap atau booster pada malam hari. Seperti yang terpantau di gerai vaksinasi booster merdeka yang diselenggarakan oleh Polsek Ciakarang Barat di halaman kantor Desa Kalijaya, Kecamatan Cikarang Barat, Rabu (13/4/2022) malam.


Antusias masyarakat yang sangat tinggi, sempat membuat aparatus Desa Kalijaya beserta anggota Kepolisian dan TNI kewalahan, lantaran warga yang tak sabar mengantre di meja pendaftaran.


Menurut Kapolsek Cikarang Barat Kompol Sutrisno, vaksinasi booster kali ini dilaksanakan secara serentak di 8 Desa yang ada di wialyah Kecamatan Cikarang Barat, dan mendapatkan respon baik dari masyarakat.


“Malam hari ini, kami dari Polsek Cikarang Barat melaksanakan vaksinasi booster di delapan titik, mengingat antusias masyarakat yang tinggi di pelaksanaan vaksinasi malam hari, sebab itulah kami memilih pelaksanaannya malam ini” jelas Sitrisno kepada awak media saat ditemui dilokasi vaksinasi booster merdeka.


Ia juga mengungkapkan, khusus bagi vaksinasi di Desa Kalijaya kuota dosis yang disediakan awalnya hanya sebanyak 300 dosis, tetapi akibat warga yang datang terus bertambah, maka kuota vaksin pun ditambah hingga mencapai 500 lebih dosis vaksin astrazaneca ludes.


“lonjakan antusias masyarakat ini karna selain program pemerintah untuk percepatan penanganan covid 19, vaksinasi dosis booster ini juga sebagai syarat perjalanan mudik lebaran, saya rasa itu juga yang membuat warga antusias hingga malam hari” ungkap Sutrisno.


Kepala Desa Kalijaya Dede Sulaeman mengaku, sebelumnya tidak memprediksi bahwa antusias warga kali ini cukup ramai, meski begitu pihaknya bersama instansi terkait berupaya agar bisa melayani masyarakat untuk bisa mendapatkan vaksin dosis pelengkap tersebut.


“Kita upayakan agar semua masyarakat bisa dapat disuntik vaksin booster ini, makanya tadi bersama unsur Polri dan TNI kita siapkan dan menambah kuotanya” ujarnya.


Dede mengungkapkan, diwilayahnya sendiri saat ini angka pencapaian vaksinasi booster telah menembus 65 persen, dan dirinya berharap akselarasi percepatan penanganan covid 19 diwilayah bisa segera tercapai hingga 100 persen.


“Sudah 65 persen, dan vaksinasi booster ini bukan saja kita laksanakan terpusat dikantor desa, kita juga lakukan door to door ke wilayah-wilayah RW hingga tingkat RT” tutupnya.


Yuyun (29) warga Kalijaya yang antre hampir dua jam mengaku, rela ikut antre ikut vaksinasi booster sebagai antisipasi saat diperjalanan pada mudik lebaran mendatang. Sedangkan, memilih malam hari untuk bisa mendapatkan suntik vaksin pelengkap ini, kata Yuyun, agar lebih bisa fokus khusyu menjalankan puasa Ramadhan pada siang harinya.


“Mudik sih ke Sumedang, kalau syarat beli tiket sih gak ya, karna kan kalau ke Sumedang deket ya empat jam juga sampai, jadi ini buat jaga-jaga aja nanti pas dijalan waktu mudik besok” ungkapnya.