Kedepankan Upaya Preventif, Para Kiai Nilai Kapolda Metro Jalankan Kaidah Fiqih



Humas Polres Metro Bekasi - Para Kiai dari Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pondok Pesantren se-Indonesia (MP3I) bersilaturahmi dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Rabu (12/1/2022).

Dalam pertemuan itu, para kiai menyampaikan apresiasi kepada Irjen Fadil. Apresiasi dari para kiai terkait upaya Fadil yang mengedepankan tindakan preventif daripada penindakan hukum.

“Itu yang kami sampaikan pada beliau, tindakan yang beliau lakukan lebih kepada preventif, bahkan pre-emtive. Ini yang sangat selaras dengan kaidah fiqih, daf’ul mafasid muqaddamun ala jalbil mashalih. Mencegah kemungkaran lebih didahulukan,” kata KH Zaim A. Ma’shoem kepada inilah.com yang ikut dalam pertemuan tersebut.

Pengasuh pondok pesantren Kauman Karangturi Lasem itu menambahkan, Irjen Fadil dalam menjaga kamtibmas telah menerapkan nilai-nilai fiqih.

“Dikonversi ke dalam bahasa polisi adalah lebih baik mencegah daripada menindak. Ini yang kami apresiasi bener, ini selaras dengan kaidh fiqih yang beliau lakukan itu,” ujarnya.

Menurut para kiai, sosok seperti Fadil sangat cocok menjadi pemimpin di manapun berada.

“Maka saya ini sangat berharap orang-orang seperti beliau ini pantaslah untuk memegang posisi-posisi penting di negeri ini dalam konteks seperti tadi,” tandasnya.