Jadwal SKB Wawancara & Tes Kemampuan Mengajar CPNS Kemenperin 2021

Humas Polres Metro Bekasi -  SKB wawancara dan tes kemampuan mengajar CPNS Kementerian Perindustrian (Kemenperin) 2021 sudah ditetapkan panitia seleksi pada Jumat (3/12/2021).

Kegiatan kedua tes SKB tersebut dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 18 Desember 2021. Peserta seleksi CPNS Kemenperin 2021 dapat melihat jadwal ujian wawancara dan tes kemampuan mengajar melalui link berikut:


Jadwal SKB wawancara dan tes kemampuan mengajar CPNS Kementerian Perindustrian (Kemenperin) 2021 sudah ditetapkan panitia seleksi pada Jumat (3/12/2021).


Kegiatan kedua tes SKB tersebut dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 18 Desember 2021. Peserta seleksi CPNS Kemenperin 2021 dapat melihat jadwal ujian wawancara dan tes kemampuan mengajar melalui link berikut:


SKB wawancara secara online untuk rekrutmen CPNS Kemenperin 2021 dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut:


1. Peserta wajib mempersiapkan perangkat dan aplikasi pendukung, termasuk:

  • komputer atau laptop dengan fitur web camera;
  • Audio, speaker, atau headset;
  • browser internet berupa Chrome atau Modzilla;
  • aplikasi Zoom yang sudah di-install di perangkat;
  • jaringan internet yang kuat dan stabil;
  • kuota data yang memadai.

2. Panitia akan mengirimkan link atau ID Zoom ke email masing-masing peserta sesuai dengan yang terdaftar pada laman sscasn.bkn.go.id. Peserta yang belum menerima link dapat memeriksa folder spam di akun email masing-masing.


3. Apabila sampai dengan H-2 sebelum ujian peserta belum menerima link atau ID Zoom, peserta dapat menghubungi call center CPNS Kemenperin di nomor 0813-1909-9100 melalui telepon ataupun WhatsApp.


4. Peserta direkomendasikan untuk mempelajari dan melakukan uji coba pengoperasian aplikasi Zoom sebelum wawancara dilaksanakan.


5. Peserta masuk ke room Zoom menggunakan link atau ID Zoom yang diberikan paling lambat 20 menit sebelum sesi wawancara dimulai.


6. Peserta wajib mengatur nama identitas Zoom dengan format Sesi [Angka]_nama lengkap peserta. Sebagai Contoh: Sesi 1_Tirta Adhi.


7. Peserta wajib menyiapkan e-KTP asli, KTP asli yang masih berlaku, surat keterangan pengganti KTP yang masih berlaku, Kartu Keluarga (KK) asli, atau fotokopi KK yang dilegalisir pejabat berwenang ditambah identitas resmi lain yang memiliki foto.


8. Peserta wajib menyiapkan kartu peserta ujian SKB yang telah dicetak berwarna untuk proses verifikasi pada saat regitrasi.


9. Web camera dan audio, speaker, atau headset pada komputer harus selalu menyala (stand by) selama pelaksanaan wawancara. Ujian wawancara sendiri akan berlangsung selama 25 menit


10. Peserta wajib berada di lokasi yang baik dan kondusif, serta mengikuti wawancara seorang diri tanpa bantuan orang lain.


11. Peserta wajib berpakaian sebagai berikut:

  • kemeja berwarna putih;
  • celana panjang atau rok berwarna hitam;
  • bagi peserta yang mengenakan jilbab wajib menggunakan jilbab berwarna hitam.

Ketentuan SKB Tes Kemampuan Mengajar CPNS Kemenperin 2021


Untuk peserta yang mengikuti SKB tes kemampuan mengajar CPNS Kemenperin 2021 wajib menaati serangkaian ketentuan sebagai berikut:

  • Peserta melakukan tes melalui aplikasi Zoom dari lokasi tempat tinggal masing-masing
  • Peserta akan melaksanakan tes secara bersamaan atau langsung setelah wawancara kompetensi bidang selesai dengan durasi selama 15 menit untuk pemaparan dan tanya jawab.
  • Tes kemampuan mengajar hanya ditunjukkan bagi peserta yang melamar pada jabatan dosen, guru, dan instruktur.
  • Peserta wajib menyiapkan materi pengajaran sesuai bidang jabatan yang dilamar atau latar belakang pendidikan masing-masing menggunakan aplikas Microsoft Power Point atau aplikasi lain yang relevan dengan jumlah slide maksimal 10.