Hampir Semua Wilayah Jabotabek Hujan Petir Siang dan Sore Ini

 


Humas Polres Metro Bekasi - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DKI Jakarta memberikan peringatan dini waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di  wilayah Jakarta Pusat (Jakpus), Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta  Timur (Jaktim) pada  siang dan sore hari, Senin  (20/12/2021).

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG,  pagi  hari  semua wilayah Jakarta alami berawan.  Pada  siang hari,  hampir semua wilayah Jakarta alami hujan dengan rincian Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur alami hujan sedang. Sedangkan  Jakarta Utara alami  hujan ringan, sementara Kepulauan Seribu berawan.

Pada malam hari dan dini hari  hampir semua  wilayah Jakarta  hujan ringan, hanya Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berawan.  Sementara pada dini  hampir semua wilayah Jakarta berawan  hanya Kepulauan Seribu alami  hujan ringan

Adapun suhu udara di wilayah DKI Jakarta 25 derajat hingga  33 derajat celsius dengan kelembapan udara 65% sampai 95% .

Sementara  untuk prakiraan cuaca wilayah Provinsi Banten, BMKG Banten mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten. Lebak bagian Selatan dan Tengah, Kabupaten Serang bagian Timur dan Tengah, Kota Serang, Kabupaten Tangerang bagian Barat dan Selatan, Kota Tangerang Selatan.

BMKG  juga mengeluarkan peringatan  waspada potensi tinggi gelombang 2.5 - 4.0 m di Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten dan Samudra Hindia selatan Banten.

Adapun suhu udara di wilayah Provinsi Banten 22  derajat hingga 32  derajat celsius dengan kelembaban udara dari 65% sampai  95 %.

Sementara itu, untuk wilayah Jawa Barat, BMKG Jawa Barat  memberikan peringatan dini waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hingga malam hari di Kota Depok, Kabupatan dan Kota, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten dan Kota Bandung,  Kabupaten Indramayu, Kabupeten dan Kota  Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, Kabupaten dan Kota  Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Suhu udara  wilayah Jawa Barat bagian utara   antara 21 derajat hingga 31 derajat celsius sedangkan suhu udara wilayah Jawa Barat bagian selatan antara 19 derajat hingga  30 derajat celcius.

Kelembapan udara Jawa Barat bagian utara  60% sampai  95%, sedangkan kelembapan udara Jawa Barat bagian selatan  65% sampai  98%.