Edukasi Pedagang Pasar dan UMKM Melek Digital Lewat Festival Pasar Rakyat

 

Humas Polres Metro Bekasi - Adira Finnance menggelar Festival Pasar Rakyat 2021 untuk mengedukasi para Pedagang Pasar serta pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) supaya melek digital. Festival Pasar Rakyat ini digelar pada Desember 2021.

Direktur Penjualan, Pelayanan dan Distribusi Adira Finance Niko Kurniawan Bonggiwarsito mengatakan, penyelenggaraan Festival Pasar Rakyat sejalan dengan visi perusahaan untuk menciptakan nilai bersama demi meningkatkan kesejahteraan melalui kolaborasi digital. 


"Dari lebih dari 2 juta nasabah yang menggunakan layanan konvensional dan syariah, 50 persen di antaranya berasal dari sektor informal termasuk UMKM," kata Niko dalam peluncuran Festival Pasar Rakyat 2021 di Jakarta, Rabu (1/12/2021). 


Seperti diketahui, pedagang pasar dan UMKM menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Berdasarkan data Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), dari 12 juta pedagang pasar, 5 juta pedagang mengalami kesulitan penjualan akibat sepinya pembeli. Karena itu, kolaborasi digital diperlukan untuk meningkatkan kembali omzet mereka. 


Menurut Niko, festival ini menjadi ruang publik yang kreatif melalui rangkaian kegiatan yang dilakukan secara hybrid, di antaranya workshop pengembangan usaha pedagang, perkenalan fitur Belanja Halal pada aplikasi Titipku, piloting Pasar Rakyat Corner di kantor cabang Adira Finance, dan aktivitas hiburan berupa Lomba Cerdas Cermat di pasar dan Lomba Foto Sahabat Lokal di Pasar Rakyat yang dapat diikuti masyarakat di Indonesia. 


Festival Pasar Rakyat akan digelar di lima pasar rakyat, yaitu Pasar Muara Karang (1 Desember), Pasar Fresh Market Bintaro (2 Desember), Pasar Modern Sinpasa Bekasi (8 Desember), Pasar Grand Galaxy Bekasi (16 Desember), dan Pasar Sukatani Cimanggis (21 Desember). 


Dalam menggelar festival ini, Adira berkolaborasi dengan sejumlah mitra, seperti RCTI+, Titipku, Zurich Syariah hingga didukung oleh Gerakan Pakai Masker (GPM). Sales and Marketing Director MNC Media Tantan Sumartana mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan Adira Finance dalam mendukung keberadaan pasar rakyat. 


"Kolaborasi antara RCTI+ dan Adira Finance diharapkan dapat membawa pesan menjadikan pasar rakyat sebagai ruang publik kreatif dapat tersampaikan luas kepada masyarakat," ujarnya.  


Sementara CEO Titipku Henri Suhardja menyampaikan harapannya agar pasar rakyat bisa berkembang dengan dukungan platform digital.


"Ini juga sejalan dengan visi Titipku untuk membantu UMKM serta pelanggan agar dapat dengan mudah mendapatkan kebutuhannya di pasar rakyat," ucap Henri.