Antisipasi Lonjakan Covid-19, Sejumlah Rumah Sakit Terima Bantuan Oksigen Generator dan Kompresor


Humas Polres Metro Bekasi - Antisipasi lonjakan Covid-19, sejumlah rumah sakit menerima bantuan unit oksigen generator dan kompresor dari sejumlah pihak.

Terbaru, PT Fajar Surya Wisesa Tbk selaku produsen kertas di Indonesia bersama KBRI Singapura dan Diaspora Indonesia di Singapura mendonasikan 12 Unit oksigen generator dan kompresor untuk 12 RS di seluruh tanah air.

Secara simbolis penyerahan bantuan itu diberikan kepada RSUD Kabupaten Bekasi pada Jumat (17/12/2021).

Acara penyerahan donasi di RSUD Kabupaten Bekasi dihadiri Bupati Bekasi, Ahmad Marzuqi, dan secara virtual oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Kesehatan,Budi Gunadi Sadikin; Sekretaris Utama Kepala BNPB, Mayor Jenderal TNI Suharyanto; dan Aldi Haryopratomo selaku perwakilan Oxygen for Indonesia (Oxy4Id).

Donasi ini diserahkan secara simbolis oleh Yustinus Kusumah, Direktur FajarPaper kepada Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc. selaku Kepala Pusat Krisis Kesehatan.

Donasi ini diberikan sebagai langkah antisipatif dalam mengatasi kelangkaan oksigen, terutama apabila terjadi kenaikan angka COVID-19, serta sebagai dukungan bagi rumah sakit yang membutuhkannya pasca pandemi.

Duta Besar RI untuk Singapura, Suryopratomo, menyebutkan, generator oksigen dan kompresor ini akan sangat membantu rumah sakit daerah dalam menyediakan suplai oksigen kepada pasien yang memerlukan.

"Baik di masa pandemi maupun setelah pandemi,” kata dia.

Yustinus Kusumah selaku Direktur FajarPaper mengatakan, alasannya terlibat dalam donasi oksigen ke sejumlah ruma sakit.

Hal itu berkaca dari pengalaman buruk pertengahan tahun 2021 dimana sejumlah rumah sakit sempat kewalahan karena krisis oksigen.

“Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa, kami mendonasikan sejumlah 12 unit oxygen generator dan kompresor untuk 12 rumah sakit di Indonesia sebagai upaya antisipatif,” kata dia.

Selain RSUD Kabupaten Bekasi, adapun ke-12 rumah sakit yang dipilih berdasarkan rujukan dari Kementerian Kesehatan adalah:

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi, Rumah Sakit Solok Selatan, Rumah Sakit Arga Makmur, Bengkulu Utara, Rumah Sakit Kaur, Riau.

Kemudian Rumah Sakit Pringsewu, Lampung, Rumah Sakit Sejiren Satason, Rumah Sakit Bangka Tengah, Rumah Sakit Palmatak, Rumah Sakit Tanjung Uban, Rumah Sakit DR RM Pratomo Rokan Hilir, Rumah Sakit Teluk Kuanta dan Rumah Sakit Dr Esnawan Antariksa, Halim, Jakarta.

Sumber : jakarta.tribunnews.com